Roy Suryo Ogah Pakai Email DPR

DedagNews - Email anggota DPR RI tengah menjadi sorotan publik. Bagaimana mungkin di era digital yang saling terkoneksi tanpa batas ruang waktu, anggota parlemen tidak memiliki email yang dapat diakses di mana saja. Tak heran kalau sejumlah pelajar dan mahasiswa di Australia begitu kecewa saat wakil rakyat dari Komisi VIII yang tengah berkunjung ke Melbourne, tidak bisa menyebut alamat email resminya.

Bukan apa-apa, aspirasi warga Indonesia di luar negeri, paling mudah dan murah saat ini lewat email. Wajarkah anggota DPR malah menggunakan alamat email dari penyedia layanan gratisan? Jadi, benarkah anggota DPR tidak punya email resmi atau memang tak pernah menggunakannya?

Menurut anggota Komisi I dari Fraksi Partai Demokrat Roy Suryo, server email berdomain dpr.go.id sebenarnya sudah disiapkan untuk anggota DPR. Namun, saat ini, banyak anggota yang tak memanfaatkannya termasuk dirinya. Bukan tanpa alasan.

"Server @dpr.go.id sebenarnya disediakan juga buat anggota-anggota DPR, namun bersifat intranet dan bila diakses via webmail bisa membuka peluang hacker," jelas Roy Suryo saat dihubungi Kompas.com lewat SMS, Jumat (6/5/2011).

Dari penjelasan Roy Suryo, anggota DPR bisa memiliki alamat email dengan @dpr.go.id namun hanya dapat diakses dari gedung DPR saja. Dengan alasan tak percaya jaminan security layanan email DPR, Roy yang sudah lama berkecimpung di dunia internet memilih tak mengaktifkan email resmi DPR.

Sebagai gantinya, ia tetap menggunakan alamat email lama yang selama ini digunakan sebagai email pribadi. "Resmi, bukan gratisan yang sudah dipakai semenjak 1996 dan diketahui luas masyarakat. Saya juga tidak pernah pakai e-mail gratisan seperti Yahoo," kata Roy.
Kompas.com

0 comments:

Post a Comment