Laut Arab Utara, Tempat Osama Bin Laden Dikuburkan

Setelah jenazah Osama dimandikan dan dikafani dengan tatacara Islam, dari atas geladak kapal induk USS Carl Vison jenazah itu dikuburkan di laut Arab bagian Utara pada hari Senin (03/04).

Seorang pejabat pertahanan Amerika Serikat  mengatakan,  “hak almarhum Osama sebagai orang beragama telah diberikan dari geladak kapal induk USS Carl Vison di laut Arab bagian utara.”

Ia menambahkan, prosesi pemakaman itu dilakukan pada pukul 1:10 a.m. EST (05-10 GMT) dan selelasi pada 2 a.m. EST.

Dalam prosesi itu, layaknya jenazah seorang pada muslim umumnya, prosedur-prosedur tradisional untuk pemakaman Islam diikuti. "Tubuh almarhum dimandikan dan kemudian ditempatkan di kain putih. Kemudian jenazah tersebut dimasukkan kedalam sebuah tas mayat,” ungkapnya.

Sebelum jenazah itu dikuburkan dilaut, pejabat militer membaca catatan-catatan hidupnya, yang kemudian diterjemahkan kedalam bahasa Arab oleh pembaca biografi tersebut. Yang kemudian dilanjutkan dengan mengikat bagian atas jenazah tersebut bertanda jenazah telah siap, kemudian tubuh itu di kuburkan kelaut Arab.

Laut adalah pilihan yang sekiranya tepat untuk tempat peristirahatan Osama Bin Laden. Dengan itu, maka orang lain atau pengikutnya tidak bisa berziarah. Sebelumnya, Arab Saudi selaku negara asal Osama, telah menolak untuk mengambil jenazah warga negaranya tersebut.

Berdasarkan tata cara Islam, apabila seseorang meninggal maka jenazahnya harus dikuburkan dalam waktu 24 jam. Jenazah dikuburkan dengan posisi kepala menghadap kiblat (Kabah-Mekah).

Sebenarnya, pemakaman dilaut dapat dizinkan jika ada resiko mayat tersebut digali kembali dan dimutilasi.

Numun, dengan dikuburnya Osama di laut hal itu telah membuat sebagian ulama Islam mengecam dan menyebut tindakan tersebut merupakan pelanggaran tradisi Islam dan menghilangkan harga diri yang akan memancing reaksi muslim sedunia.

Sekedar menambahkan, jenazah Osama Bin Laden dipastikan setelah pemerintah AS melakukan pengujian sampel DNA.
sakalanews

0 comments:

Post a Comment